Kamis, 01 Maret 2012

Semester Baru, Tantangan Baru


Di semester 4 ini lagi-lagi gue dapet mata kuliah (matkul) softskill Teori Organisasi Umum. Kebetulan di semester ini gue dapet dosen baru. Namanya Bu Ira Phajar Lestari. Orangnya tinggi putih, modis dan lebih keliatan sebagai wanita karier waktu pertama kali gue liat. Cara bicaranya tegas dan orangnya disiplin. Dari pengalaman gue di matkul softskill, cara ngajar Bu Ira yang paling beda menurut gue.

Oh iya, gue jelasin sedikit tentang matkul softskill di kampus gue, Universitas Gunadarma ini. Buat mahasiswa jurusan Sistem Informasi kayak gue ini, matkul softskill dibuat beda. Kami diharuskan mempunyai blog sebagai wadah keaktifan kami didunia maya. Kebanyakan mahasiswa sering menganggap remeh mata kuliah softskill ini. Kenapa? Soalnya dari SAP yang kita dapet, dosen cuma satu kali bertatap muka dengan mahasiswanya selama sebulan. Jadi, ngga heran deh banyak mahasiswa yang males-malesan buat blog, atau 'yang penting punya blog' dan ada juga yang blognya ngga keurus dan cuma sesekali dibuka kalau ada tugas postingan.

Nah, ini yang beda dari Bu Ira. Dengan tegas beliau menuntut kami agar mempunyai blog yang bagus dari segi tampilan dan juga postingan. Postingan harus murni karya tulisan kami, tidak boleh copas (copy-paste) dan no-SARA tentunya. Bu Ira berkata seperti itu karena Ia yakin bahwa kami bisa lebih dari ini. Pada awal perkuliahan Bu Ira mengungkapkan kekecewaannya atas sebagian besar blog anak-anak di kelas gue (termasuk gue pastinya. Iya, gue -__-"). Karena menurut Bu Ira, kami sebagai mahasiswa Sistem Informasi 'seharusnya' mempunyai blog yang lebih 'wah' ketimbang mahasiswa dari jurusan lain.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat gue kepada dosen-dosen softskill gue terdahulu, jujur, awalnya gue cukup kaget soalnya baru pertama kali gue dapet dosen softskill setegas Bu Ira. Dengan suara lantangnya beliau menargetkan kami dengan banyak hal, memberikan kami tugas kelompok maupun individu dan juga beberapa masukan agar kami lebih baik. Memang sih pada awalnya cukup repot, tapi akhirnya gue sadar kalo yang Bu Ira bilang ada benernya.

Kesan pertama yang gue dapet dari perkuliahan pertama Bu Ira di semester ini adalah beliau orangnya disiplin, tegas, ngga neko-neko dalam tugas. Tugas harus dikumpul tepat waktu, tidak boleh copas dan harus berdasarkan pemikiran kelompok atau individu tergantung sifat tugasnya. Gue ulangin lagi, pada awalnya ya emang cukup ngerepotin, tapi gue cukup yakin dengan bimbingan Bu Ira kami bisa lebih baik lagi menghadapi tantangan di semester ini :-) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar