Selasa, 16 April 2013

Resume Jurnal: Analisis Karakteristik Akustik Suara Manusia

Latar Belangkang Penelitian

     Karakteristik suara manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu akustik dan non akustik. Karakteristik suara manusia terdiri dari Formant, Formant Bandwith, dan Pitch. Pitch merupakan nada dasar manusia. Tinggi rendahnya pitch dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin dan pita suara. Formant yang secara fisis merupakan spektrum puncak ke puncak dari suara manusia berpengaruh terhadap suara vokal yang dihasilkan dan warna dari suara dari seseorang. Formant Bandwith berpengaruh untuk membedakan suara vokal apabila ada lebih dari satu orang yang berbicara.
Tujuan Penelitian
     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik suara pada manusia.
Target Penelitian
     Target penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa suara manusia dipengaruhi oleh pitch, formant, dan bandwidth.
Metode Penelitian
     Penelitian ini menggunakan software Praat seri 5.1.05, dengan cara merekam suara vokal (A, I, U, E dan O) dari beberapa orang yang berbeda. Tiap sesi perekaman membutuhkan waktu kurang lebih empat detik. Dari rekaman tersebut dapat diambil data pitch, formant, dan formant bandwidth.
Hasil Penelitian
     Dari penelitian yang dilakukan, terlihat perbedaan pitch, formant, dan formant bandwidth pada setiap orang. Keluarnya bunyi vokal yang dihasilkan seseorang dipengaruhi oleh kebiasaan orang tersebut dalam melakukan artikulasi dalam mengeluarkan suara.
Kesimpulan
1.Karakteristik suara manusia dipengaruhi oleh pitch, formant dan Bandwidth.
2.Pitch merupakan nada dasar suara dari masing-masing orang.
3.Pitch laki-laki umumnya lebih rendah dari perempuan.
4.Bunyi vokal ditentukan oleh besarnya nilai F1 dan F2.
5.Artikulasi yang baik mempengaruhi nilai F1 dan F2 yang dihasilkan.

   Di masa mendatang, tidak menutup kemungkinan pengembangan penelitian ini, berupa alat pengubah suara, yang dapat membantu seseorang yang memiliki artikulasi suara yang kurang jelas.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar