Minggu, 17 Maret 2013

Pengalaman Membuat Web

Posting kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya membuat sebuah halaman web. Sekedar berbagi aja sih, selain karena postingan ini merupakan tugas mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI).

Pengalaman ini saya dapat ketika semester lima yang lalu (sekarang saya semester enam), tepatnya pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Kelas kali dipecah menjadi beberapa kelompok. Satu kelompoknya bisa terdiri dari 3-4 mahasiswa. Kebetulan kelompok saya berjumlah 4 orang. Tema tugas kami ada membuat sebuah halaman web yang mempunyai unsur e-learning. Kemudian, mulailah kelompok kami berdiskusi menentukan judulnya.

Cukup banyak judul dan ide yang keluar dari kepala kami. Mulai dari web edukasi untuk pembelajaran balita hingga web pengetahuan umum yang ditujukan untuk kalangan umum. Akhirnya, setelah diskusi yang cukup memeras otak serta masukan-masukan dari dosen kami, kelompok kami memutuskan untuk membuat web yang isinya pengetahuan umum. Jadi, isi web kami adalah berbagai macam artikel mengenai berita-berita terhangat atau informasi dari seluruh belahan dunia. Yang ter-update tentunya.

Kami membuat proyek kami dengan menggunakan software Macromedia Dreamweaver. Sebuah software yang memang ditujukan untuk pembuatan web. Sekedar info, setelah diakuisisi oleh Adobe, kini software tersebut lebih dikenal dengan nama Adobe Dreamweaver. Teknik dasar pengoperasian software ini kebetulan kami dapatkan dari Laboratorium kampus kami, yang memang juga mempelajari dasar-dasar pembuatan halaman web.

Kelompok kami mendesain proyek kami dengan cara yang cukup mudah. Yaitu dengan teknik link pada Dreamweaver. Sebagian besar teknik itulah yang kami masukan pada halaman web kami. Selain karena kemampuan kami yang bisa dibilang masih pemula, deadline tugas yang hanya beberapa minggu lah yang membuat kami memikirkan cara paling sederhana untuk menyelesaikan proyek kami tersebut. Alhamdulillah, kami berhasil menyelesaikan halaman web kami. Dan nilai yang kelompok kami dapatkan pun cukup memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar