Rabu, 26 September 2012

Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-hari

  Di post kali ini saya akan membahas pemanfaatan atau penggunaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra di kehidupan kita sehari-hari. Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan Grafik Komputer (Grafkom) dan Pengolahan Citra?

  Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pembuatan dan penyimpanan suatu model atau citra (gambar). Model disini berasal dari beberapa bidang seperti, fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Dalam hal ini yang umum adalah pembuatan garis.

  Sedangkan Pengolahan Citra adalah ilmu yang mempelajari tentang manipulasi dan penyimpanan suatu citra (gambar).

Apa saja contoh penerapan ilmu tersebut di dalam kehidupan kita?

1. Bidang Multimedia dan Hiburan.

    Pada bidang multimedia penggunaan software seperti Photoshop dan Corel Draw merupakan bentuk dari pengolahan gambar yang memanfaatkan grafik komputer. Sedangkan pada bidang hiburan, pemanfaatannya pada pembuatan film animasi agar terlihat menarik dan mendekati nyata.

2. Bidang Pendidikan.

    Pada bidang pendidikan biasanya diterapkan pada konsep presentasi. Dalam hal ini siswa menggunakan Power Point atau software lainnya untuk menunjang dan mempermudah audience dalam memahami bahasan yang mereka presentasikan.

3. Bidang Kedokteran.

    Pada bidang kedokteran Grafik Komputer umumnya digunakan dalam foto Rontgen. Penggunaan Grafkom pada bidang kedokteran ini sangat membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit si pasien, juga meminimalisir salah diagnosa.

4. Bidang Visual dan Tata Bangun.

    Grafkom dan Pengolahan Citra di bidang ini digunakan untuk pemotretan via satelit atau GPS. Contohnya penggunaan Google Maps. Bisa juga digunakan dalam pemotretan menggunakan kamera digital. Sedangkan di bidang rancangan tata bangun, para arsitek banyak menggunakan software-software dengan basis grafik komputer yang membantu pekerjaan mereka dalam merancang suatu bangunan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar